Astrido Daihatsu Cikarang

Fast Response Call / WA Eko : 081219249933

Menu

Informasi Seputar Biaya Perawatan Mobil Xenia

Selasa, Agustus 14th 2018.

Biaya perawatan mobil xenia – Sama halnya seperti mobil pada umumnya, Daihatsu Xenia juga membutuhkan perawatan khusus. Tentunya perawatan khusus ini memerlukan biaya tersendiri. Besarnya biaya perawatan mobil Xenia ini tergantung dari kondisi mobil dan komponen apa yang diservis. Umumnya mobil Xenia yang dalam kondisi bagus atau tidak pernah mengalami kecelakaan cukup melakukan perawatan secara berkala. Dengan begitu biaya yang dikeluarkan bergantung  perawatan apa yang dilakukan pada mobil Xenia. Berikut ini biaya perawatan mobil Xenia yang harus dikeluarkan :

biaya perawatan mobil xenia

Informasi Seputar Biaya Perawatan Mobil Xenia

1. Biaya Penggantian Oli

Setiap mobil tentunya memiliki oli, termasuk mobil Daihatsu Xenia. Pengecekan dan penggantian oli pada umumnya adalah perawatan yang wajib untuk dilakukan. Biaya pengecekan dan penggantian oli ini tidak terlalu mahal. Untuk perawatan yang satu ini anda memang tidak boleh menundanya. Begitu anda memiliki mobil, berarti anda harus siap mengecek kondisi oli mobil anda. Penggantian oli ini biasanya dilakukan saat mobil telah memenuhi jarak kilometer tertentu. Selain itu, anda juga dituntut memilih oli yang sesuai untuk Daihatsu Xenia. Anda tidak boleh menggunakan sembarangan oli.

2. Biaya Perawatan Bagian Mesin

Mesin Daihatsu Xenia memang merupakan mesin yang bagus. Daihatsu memberikan mesin berkapasitas 1329 cc pada Daihatsu Xenia. Dengan kapasitas mesin yang besar, mobil ini sanggup mengeluarkan tenaga hingga 92 hp. Namun sehebat apapun sebuah mesin tetap saja harus mendapatkan perawatan secara berkala. Untuk merawat mesin secara berkala biasanya tidak membutuhkan biaya yang mahal. Akan tetapi jika mesin mengalami kerusakan akibat kecelakaan maka biaya perawatan mesin bisa lebih mahal.

3. Biaya Servis Spooring Dan Balancing

Keseimbangan antara roda mobil adalah hal yang penting untuk dilakukan. Perawatan  spooring dan balancing perlu dilakukan untuk menjaga pergerakan roda Daihatsu Xenia. Pergerakan roda mobil memang harus seimbang agar tidak ada kesalahan pada saat mobil melaju dan berbelok arah. Perawatan spooring dan balancing ini wajib dilakukan meskipun harus mengeluarkan biaya yang lumayan besar.

4. Biaya Perawatan Bagian Ban

Bukan hanya pergerakan ban yang harus dirawat. Ban Daihatsu Xenia juga membutuhkan perawatan tersendiri. Perawatan ini mulai dari mengatur tekanan ban hingga mengganti ban baru. Ban adalah komponen yang memastikan mobil bisa berjalan dengan mulus. Jika ada masalah pada ban Daihatsu Xenia anda maka mau tidak mau perjalanan anda akan menjadi terganggu. Oleh sebab itu, anda tidak boleh merasa sayang mengeluarkan uang untuk biaya servis ban mobil.

Baca juga :

5. Biaya Servis AC (Air Conditioner)

Bagian terakhir dari mobil yang harus dirawat adalah AC atau  pendingin udara. AC mobil harus dirawat secara berkala. Jika tidak Ac tidak akan bekerja secara maksimal. AC yang tidak bekerja secara maksimal tentunya membuat dalam kabin menjadi panas. Tentunya hal tersebut sangat mengganggu kenyamanan anda. Apalagi Indonesia adalah negara tropis yang cukup panas. Berada di dalam mobil yang AC nya rusak tentu bisa menjadi penyiksaan tersendiri. Agar kondisi AC selalu prima, maka lakukan perawatan secara berkala. Biaya perawatan AC ini juga tidak terlalu mahal.

Biaya perawatan mobil xenia

  • Servis berkala per 10.000 km sebesar Rp 350–500 ribu.
  • Servis reguler (diluar jadwal servis berkala), biaya servis disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang akan dilakukan di mobil.
  • Spooring dihargai sebesar Rp 150.000.
  • Balancing sebesar sebesar Rp 25.000 tiap ban.
  • Body repair sebesar Rp 300.000 per titik.

Rincian harga spare part Grand New Daihatsu Xenia sebagai berikut:

  • Busi “New” Xenia Rp 100.000 per pcs, generasi sebelumnya adalah Rp 25.000 per pcs. Perbedaan ini dikarenakan spek busi yang digunakan adalah berbeda.
  • Filter oli sebesar Rp 35.000.
  • Kampas rem sebesar Rp 485.000 (1 set depan-belakang)
  • Filter udara sebesar Rp 130.000.
  • Shockbreaker depan Rp 860.000 per buah.
  • Shockbreaker belakang harga per unitnya Rp 390.000.

Sedangkan di 40 ribu kilometer, biayanya melonjak menjadi Rp1,1 jutaan untuk Xenia dan Rp1,2 juta untuk Terios. Meski biaya jasa bongkarnya gratis, namun biaya yang dipatok tetap meliputi oli mesin, oli transmisi, oli diferensial, paking, minyak rem, air aki, serta brake pad cleaner.

Lihat video menarik berikut :

Biaya perawatan mobil Xenia ini bisa dikatakan sangat murah bila dibandingkan biaya perbaikan yang pastinya jauh lebih mahal. Jangan sampai Xenia anda terlanjur rusak parah baru anda membawanya ke bengkel. Mobil yang baik adalah mobil yang mendapatkan perawatan secara berkala. Saat mobil anda dalam kondisi terawat pastinya anda tidak perlu khawatir ketika berada di perjalanan. Perjalanan anda akan menyenangkan karena mobil anda tidak kenal kata mogok.

Demikian informasi mengenai biaya perawatan mobil xenia yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, jangan lupa untuk share artikel ini supaya bermanfaat untuk orang banyak. Terima kasih

Salam Otomotif – Astrido Daihatsu Cikarang

Mobil Terbaru

Best Seller
Best Seller
Best Seller

Related Article Informasi Seputar Biaya Perawatan Mobil Xenia

Kamis 1 November 2018 | Blog

Daihatsu cikarang terpecaya – Untuk sekarang ini kendaraan mobil telah menjadi salah satu kebutuhan di kalangan masyarakat, bahkan sampai menjadi kebutuhan utama bagi mereka karena…

Rabu 15 Agustus 2018 | Blog

Sales daihatsu bekasi – Membeli mobil dapat dibilang gampang-gampang susah. Ini karena saat membeli mobil ada banyak hal yang menjadi pertimbangan. Begitu pula saat anda membeli…

Selasa 14 Agustus 2018 | Blog

Daihatsu bekasi barat – Saat ini mobil menjadi salah satu kebutuhan bagi banyak orang. Tidak hanya sekedar menjadi kebutuhan tambahan, namun banyak yang menempatkan mobil…